Profil Amin Prihantono Indonesia Warriors - Indonesia Basketball

Breaking

LinkWithin

ads header

Sunday, April 12, 2015

Profil Amin Prihantono Indonesia Warriors

basket indonesia, profil, amin, prihantono, video, sportku, basket, indonesia, warriors, 17, 7
Profil Amin Prihantono Indonesia Warriors [ikuti juga tips shooting dan defense Amin Prihantono Karir professional Amin Prihantono sebenarnya diawali dari sekedar hobi. Memang terdengar simpel, alasan Amin bermain basket secara pro adalah karena hobi. Dulu kebanyakan teman-teman di kompleks rumah Amin gemar bermain sepak bola dan basket. Karena Amin memang menyukai olahraga, ia jadi suka mengikuti kegiatan teman-temannya tersebut.
Kemudian datang tawaran dari klub Halim Kediri dengan iming-iming sekolah gratis dan mendapat gaji. "Dulu sebagai anak kampung, gue ga mikir panjang. Gue langsung mengambil tawaran dari Halim Kediri. Gua mulai latihan lebih serius setiap pagi dan sore di klub basket tersebut dari tahun 1998," ujar Amin. "Di Halim belum ketahuan gue mau main di posisi apa. Dulu cuma latihan-latihan aja di Halim, ga jelas."
basket indonesia, tips, Shooting, Defense, dari, amin, prihantono, video, sportku, basket, indonesia, warriors
Di Libama, Amin sempat main di posisi 4 atau 5, cuma Amin mengakui bahwa gerakan low postnya memang kurang untuk bermain di posisi itu. Lalu apa yang membuat Amin memutuskan untuk menjadi shooter sampai sekarang?
Amin bercerita bahwa ketika ia bermain di Halim, ada pelatih dari China yang memuji cara ia melakukan shoot. Sang pelatih menanamkan ide bahwa Amin bisa menjadi shooter. "Sebenarnya gue ga niat menjadi shooter. Namun coach Ito/Fictor Roring mengarahkan gue untuk menjadi shooter walaupun ia tidak secara spesifik mengatakan hal tersebut," ujar Amin. "Waktu itu di posisi gue, sudah ada Faisal dan Youbel yang bisa menciptakan situasi di offense untuk Satria Muda. Kalau semua orang mau bikin situasi, entar jadi ribet dan kebetulan memang saat itu coach Ito membutuhkan shooter."
basket indonesia, profil, amin, prihantono, video, sportku, basket, indonesia, warriors, 17, 7
Namun sebenarnya pria kelahiran 27 Mei 1982 tersebut lebih ingin dikenal sebagai seorang shooter dan defender. "Pelatih gue bilang ga semua pemain mau bermain defense. Kalau offense sih pasti akan datang dengan sendirinya. Pas lagi pemanasan pun, pemain pasti bakal shoot-shootan kan. Ga ada pemain yang datang ke lapangan terus latihan defense," cerita Amin.
Amin bangga apabila orang mengakui kemampuannya dalam melakukan defense dengan baik. "Dari dulu sampai sekarang, gue itu seorang defender. Dulu offense itu nomor dua buat gue. Kalau bisa pas masuk lapangan, gue mikirnya lebih mementingkan defense. Gue mendapat minutes play yang banyak karena defense, bukan offense," kenang Amin.
basket indonesia, profil, amin, prihantono, video, sportku, basket, indonesia, warriors, 17, 7
Tahun 2004 merupakan final pertama Amin di liga professional. Saat itu, Amin tidak berpikir tentang offense. Ia berfokus untuk menjaga mati-matian skorer tim lawan. Hasilnya cukup sukses, karena pemain yang Amin jaga tidak mencetak points begitu banyak.
Tahun 2004 sekaligus menjadi momen paling mengesankan buat Amin karena tahun tersebut merupakan tahun pertama laga Amin di final, dan menjadi juara dengan mengalahkan juara berturut-turut liga Indonesia. "Saat final itu, gue dimainin terus sama pelatih. Saat itu juga pertama kalinya gue menjadi starter. Di dua menit terakhir, tangan gue jadi dingin, ga berasa apa-apa," kilah Amin. "Sejak tahun 2004, gue mulai dapat kepercayaan diri dari pelatih, kepercayaan diri sendiri juga meningkat, dan karir gue terus beranjak sampai ke timnas."

No comments:

Post a Comment